Senin, 15 November 2010

POROPIL SMA N 1 TAMPAKSIRING

SMA 1 Tampaksiring Duta Gianyar Dinilai Tim UKS Propinsi

duta-tim-uksLomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai salah satu cara evaluasi yang paling tepat dan positif untuk menciptakan Kualitas Sumberdaya Manusia Sekolah, yang mumpuni dalam melanjutkan estapet pembangunan utamanya dalam Kesehatan Sekolah. Berkenaan dengan pemeliharaan Lingkungan Sekolah yang sehat bersih, memikat serta mampu menciptakan penyejuk perindangan Sekolah memlalui penghiajuan tanaman keberadaan SMA 1 Tampaksiring Gianyar jangan diragukan lagi. SMA 1 Tampaksiring satu-satunya Sekolah di Bali memiliki nilai historis dan kekuatan gaib tersendiri. Dimana SMA 1 Tampaksiring letaknya berdampingan dengan Istana Kepresidenan Tampaksiring Bali, dan jaraknya tidak begitu jauh dengan Pura Tirta Empul. Suasana bersih sejuk rindang dan sakral sangat tampak mulai masuk pada halaman depan Sekolah, sehingga wajar SMA 1 Tampaksiring ditunjuk sebagai Duta Gianyar Dalam Lomba UKS Tingkat Propinsi Bali Rabu 25 Nopember 2009.
Pembangunan Kesehatan adalah merupakan sebagai salah satu bagian pembangunan untuk mempersiapkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkwalitas dimana dalam penerapan dan pencapaian semua komponen itu bukanlah pekerjaan mudah, justru sebaliknya merupakan pekerjaan berat dan tantangan yang harus dilalui dalam proses penciptaan kualitas sumber daya manusia yang andal, tangguh dan mandiri. Demikian dikatakan Bupati Gianyar DR. IR. Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati, MSi. dalam sambutannya ketika menerima rombongan Tim Penilai Lomba UKS tingkat Propinsi Bali diaula serba guna SMA 1 Tampaksiring. Lebih jauh diharapkan Bupati Cok Ace hendaknya Program Usaha Kesehatan Sekolah, lebih diarahkan pada anak-anak sekolah sebagai subyek dan obyek pembangunan agar mampu memberikan kontribusi dalam bidang kesehatan di Kabupaten Gianyar.”Masalah kesehatan yang banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah memerlukan tindakan langsung dalam memberikan pelayanan kesehatan, lebih dari itu anak didik menjadi target untuk menyebarkan informasi kesehatan sehingga mereka terbiasa memberikan contoh dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,”jelasnya.
Sedangkan Menurut Kadis Pendidikan DRS. Gst Ngurah Wijana MM.MPd mengatakan pelayanan kesehatan yang telah dikerjakan melalui Puskesmas antara lain penjaringan kesehatan anak sekolah, pemberantasan penyakit menular, pemeriksaan gigi dan penyuluhan kesehatan. “Dengan dilaksanakannya Lomba ini, diharapkan sekolah yang berlomba mampu meningkatkan kwalitas SDM, hingga kian berkualitas dan memadai,” harap Wijana.
Menurut Kasek SMA 1 Tampaksiring, Drs.Gst Puja Armaya MM. mengatakan dilaksanakannya Lomba UKS adalah untuk mengoptimalkan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih, dari volusi yang terjadi di sekitar lingkungan sekolah serta meningkatkan peran serta siswa dan seluruh pengelola pendidikan di sekolah untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kesehatan yang terjadi di lingkungan sekolah. Sehingga tercipta kepercayaan mendalam, hingga menuju kepuasan, di seluruh komponennya. “Prestasi SMA 1 Tampaksiring dalam kurun waktu 2 tahun yakni Juara I Lomba Kebersihan dan Kerindangan Propinsi Bali, Juara I Popnas Pencak Silat Semarang, Juara I Majalah terbaik tingkat SMA Propinsi Bali, dan Juara I Kelas Satu Putra Pencak Silat Popwil III Di Kalimatan,”ungkap Armaya.
Sedangkan Ketua Tim Penilai Propinsi Bali, Tuti Karniasih mengatakan Menjaga Lingkungan baik disekolah maupun diluar sekolah merupakan tanggung jawab bersama yang patut dilaksanakan, karena kesadaran berprilaku hidup bersih dan sehat merupakan jembatan yang kokoh untuk mengantarkan anak-anak- menuju cita-citanya. ”Mulai dari menghindari kebiasaan merokok dapat menutup pintu masuk penyalahgunaan narkoba. Untuk itu tidak ada salahnya bila kita bersama mencegah sejak dini, agar siswa tidak merokok demi kesehatan siswa untuk menciptakan generasi yang sehat cerdas dan tangguh,” Tegas Karniasih. Lebih jauh dikatakannya Tri Aspek atau Trias UKS yang harus dilaksanakan meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Dan Lingkungan Sekolah Sehat, sangat diharapakan agar program yang tertuang dan dicanangkan demi terwujudnya UKS dapat berjalan dengan baik
OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah salah satu organisasi kesiswaan yang berdiri di sekolah, yang menjalankan program-program yang diaspirasikan oleh siswa. Atau dengan kata lain, OSIS adalah sebagai lembaga eksekutif bagi siswa-siswa dalam sekolah ini.
Apa saja tugas-tugas OSIS?
  • menjalankan program-program yang diaspirasikan oleh siswa.
  • membantu kelancaran kegiatan sekolah
  • mewadahi semua kegiatan siswa di sekolah .
  • membantu pelatihan keorganisanian.

SMAN 1 Tampaksiring mengadakan berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang dimaksudkan meningkatakan dan mengembangkan bakat dan hobi dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa yang ditujukan untuk memaksimalkan keberhasilan proses belajar mengajar di kelas seperti : Kegiatan Pramuka, Kesenian, Volly, Beladiri, dan beberapa Program Penunjang

Info Penerimaan Calon Siswa - Siswi Baru SMAN 1 Tampaksiring

¦¦Persyaratan :
  • Pendaftaran akan dimulai tanggal 1 juli 2009.
  • Pendaftaran akan ditutup tanggal 4 juli 2009.
  • Menyerahkan fotocopy raport kelas VIII semester I dan II dan kelas IX semester I yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah.
  • Menyerahkan fotocopy NUN (Matematika, Bhs.Indonesia, Bhs. Inggris) yang disahkan oleh Kepala Sekolah. Yang belum mempunyai NUN, boleh menyusul.
  • Semua persyaratan diatas, dimasukan kedalam Map Biru.
  • Mengisi format yang disediakan.
¦¦Uang Pendaftaran :
  • Pendaftaran dilakukan secara langsung ke SMAN 1 Tampaksiring, pada jam 08.00-12.00 wita.
  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 30.000,-
¦¦Sistem Penilaian :
  • Nilai Matematika, Bhs. Indonesia, dan Bhs. Inggris raport kelas VIII dan kelas IX dirata-ratakan (R) dengan koefesien 1.
  • Nilai Ujian Nasional (NUN) dengan koefesien 2.
  • Nilai Akhir (N) = (1R+2NUN)/3.
¦¦Pengumuman Penerimaan :
  • Calon peserta yang lolos seleksi, disampaikan secara langsung ke sekolah peserta dan pengumumannya juga dipasang di SMAN 1 Tampaksiring pada tanggal 19 Juni 2007.
  • Pendaftaran kembali dimulai tanggal 20-23 Juni 2007 dimana calon peserta yang diterima wajib membawa fotocopy ijazah yang telah dilegalisir Kepala Sekolah dan menunjukan raport asli.
¦¦Daya Tampung :
  • Daya tampung SMAN 1 Tampaksiring, tahun 2007-2008 adalah sebanyak 200 orang dimana 100 orang melalui SPA, 60 orang melalui seleksi NUN, dan 40 orang melalui seleksi Prestasi.

Logo TAKSU peduli lingkungan
Tanamkan sikap cinta lingkungan
Alam di ciptakan untuk semua makluk hidup
Kerjakan sesuatu tampa merusak lingkungan
Sadarlah daya dukung lingkungan terbatas
Upayakan agar lingkungan tetap lestari


Visi

Visi SMA Negeri 1 Tampaksiring adalah Unggul dalam mutu sarat akan prestasi,trampil dan berpijak pada budaya bangsa serta beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Misi

  • Melaksanakan pembelajaran (KBK) dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  • Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
  • Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya,sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
  • Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah.
  • Menumbuhkan persaingan positif dalam berprestasi.
  • Memberikan layanan ketrampilan melalui kegiatan ekstra kurikuler.
  • Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa.
  • Meningkatkan disiplin warga sekolah.
  • Menumbuhkembangkan kepedulian sosial dibidang pendidikan.
  • Menumbuh kembangankan kepedulian terhadap lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar